Nama Anak Perempuan Sansekerta

Meskipun saat ini dunia penuh dengan pengaruh era modern, namun faktanya tidak sedikit orang tua yang memilih nama yang berbeda dengan kebanyakan nama modern yang sedang menjadi trend. Lalu, nama seperti apa yang dipilih orang tua baru untuk anak perempuan maupun laki-laki mereka? 

Nama yang dipilih untuk disematkan pada bayi mereka salah satunya adalah nama sansakerta. Ya, nama ini akan terdengar unik ketika disematkan pada anak dari daerah atau bangsa yang kurang lekat dengan budaya sansakerta. Misalnya nama anak perempuan sansakertaseperti Devi disematkan ke anak keturunan Jawa pasti akan memberikan kesan tertentu bagi orang yang mendengarnya.

Berbicara mengenai nama sansakerta untuk anak perempuan maupun laki-laki, tahukah anda apa itu nama sansakerta? Nama sansakerta merupakan nama yang diambil dari bahasa Sansakerta, yaitu bahasa yang digunakan oleh masyarakat Hindu Buddha kuno pada zaman dahulu. Nama yang diambil dari bahasa Sansakerta dan disematkan kepada seorang anak memiliki makna tertentu sebagaimana yang diharapkan oleh orang tua si bayi.

Nama-Anak-Perempuan-Sansekerta

Bagi anda yang tertarik untuk memberikan nama yang berbeda alias lain daripada yang lain, anda bisa mencari salah satu nama sansakerta untuk bayi perempuan maupun laki-laki. Berikut ini ada daftar referensi nama anak perempuan sansakerta yang bisa menjadi referensi. Berikut daftarnya untuk anda.

No
Nama
Arti
No
Nama
Arti
1.
Adhisti
Matahari
16
Indrawati
malaikat
2.
Afriani
Penyemangat
17
Lavanya
Gadis yang cantik
3.
Akuti
Permaisuri
18
Meegana
awan
4
Akshaya
Kekal, abadi
19
Mukti
Kebebasan
5
Alka
Gadis yang cantik
20
Nadiya
sungai
6
Bhuvi
Surga
21
Naray
harapan
7
Bimala
Murni
22
Pratishta
dihormati
8
Frisanti
Damai
23
Urmila
Wanita yang sangat memikat
9
Fulmala
Mahkota bunga
24
Venya
dicintai
10
Falguni
cantik
25
Vimala
Feminin
11
Ganga
Sungai yang suci
26
Widyaningtyas
Wanita yang memiliki ilmu pengetahuan
12
Gayatri
Dewi, mantra
27
Yamuna
Sungai yang suci
13
Geeta
Nyanyian
28
Yasti
Tongkat
14
Gandhali
Wangi
29
Yuvati
Wanita muda
15
Harini
Rusa
30
Zanitha
Anggun, lembut

Cara Memilih Nama Sansakerta yang Baik

Dari sekian banyak nama anak perempuan dari bahasa sansakerta, anda bisa memilih salah satu nama untuk dirangkaikan dengan nama marga dan nama tengah. Karena masing-masing nama sansakerta memiliki arti tertentu, anda bisa memilihkan nama dengan arti yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kedua orang tua si bayi perempuan. 

Misalnya, orang tua yang memberikan nama sansakerta Zanitha yang memiliki arti anggun dan lembut mengharapkan bahwa anak perempuannya akan memiliki karakter yang anggun dan lembut sebagai perempuan selama hidupnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa beberapa nama anak perempuan sansakertadapat menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin anak perempuannya memiliki nama oriental di era yang modern. Sebagaimana nama lainnya, nama dari bahasa sansakerta juga mengandung sebuah makna tertentu sehingga tidak ada salahnya mencantumkan nama berbahasa sansakerta diantara deretan untuk nama anak perempuan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nama Anak Perempuan Sansekerta