Mencari Arti Nama

Mencari arti nama menjadi kebiasaan yang seru serta wajib bagi para calon orang tua yang sedang menantikan kelahiran putra atau putri mereka. Mencari arti dalam nama menjadi hal yang penting dalam kehidupan seseorang di dunia karena menjadi identitas yang akan mereka pakai selama hidupnya. Ada pula yang mengatakan bahwa sebuah nama akan menjadi doa untuk sang anak tersebut. 

Nama yang bagus, mudah dikenal, dan memiliki arti yang bagus tentu menjadi keinginan setiap orang tua. Namun dengan banyaknya kombinasi nama yang bisa didapatkan dari banyak kosakata berbagai bahasa justru terkadang menjadi hal yang memusingkan sekaligus merepotkan bagi calon orangtua.

Dari banyak kosakata yang ada, nantinya masih dipecah lagi karena kosakata untuk dijadikan nama harus sesuai dengan jenis kelamin anak. Dalam bahasa Arab misalnya ada beberapa kosakata yang bisa digunakan untuk nama baik laki-laki maupun perempuan. Hanya saja untuk nama perempuan ditambahi -ah pada akhiran kata yang dipakai. 

Mencari-Arti-Nama

Mencari arti nama harus disesuaikan dengan keinginan sang orang tua dengan bahasa apakah anaknya akan diberi nama karena adanya perbedaan pada masing-masing orang. Dengan memahami arti kata yang dicari, tentu keinginan dan doa orangtua yang disampaikan untuk anak akan sesuai. 

Contoh Nama Beserta Arti untuk Inspirasi

Pilihan nama yang bagus juga akan berpengaruh pada kepercayaan diri sang anak di kemudian hari. Berikut ini ada beberapa nama yang bisa dijadikan inspirasi untuk para calon orangtua karena artinya yang bagus.
  • Abigail : sumber kebahagiaan (Ibrani)
  • Pratista : berdiri dengan mantap (Jawa)
  • Adifa : lemah lembut, menyenangkan (Arab)
  • Rafa : Kebahagiaan (Arab)
  • Basupati : tak takut mati (Sansekerta)

Meski terlihat sangat sepele, namun nyatanya mencari arti nama seseorang bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Bayangkan saja bila satu bahasa saja sudah memiliki ribuan kosakata yang bagus untuk dijadikan nama, maka akan bisa jutaan kosakata yang didapat dengan menggunakan referensi banyak bahasa yang ada di dunia. Maka, sebelum mencari kata yang pas untuk dijadikan nama, pastikan terlebih dahulu Bahasa apa yang ingin Anda pakai untuk memberi nama putra/putri kesayangan.

Itu tadi beberapa nama yang bisa dijadikan referensi bagi para calon ayah/ ibu yang menginginkan nama yang bagus, namun juga memiliki arti yang patut untuk menjadi doa bagi anak-anaknya di sepanjang usianya. Mengenai kombinasi kata untuk nama, bergantung pada selera masing-masing calon orangtua dan kesesuaian dengan doa yang ingin dipanjatkan untuk anak-anaknya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mencari Arti Nama